Netral English Netral Mandarin
19:01wib
Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melarang kegiatan buka puasa bersama saat ramadan seiring dengan pandemi Covid-19. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan melarang total operasi semua moda transportasi darat, laut, udara, kereta pada 6 Mei-17 Meri 2021.
Kontroversi Perpres Miras, FH: Sejak Dulu Miras Sudah Legal, Soal Haram, Ya Jangan Dikonsumsi, Mudahkan??

Selasa, 02-Maret-2021 11:00

Ferdinand Hutahaean
Foto : SUMEKS
Ferdinand Hutahaean
19

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mantan Politisi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean (FH) mengajak semua pihak untuk tidak saling menuding soal keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuka keran investasi bagi industri minuman keras mengandung alkohol di beberapa daerah di Indonesia.

Perpres ditetapkan pada 2 Februari 2021 oleh Jokowi dan diundangkan pada tanggal yang sama oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly. 

Ferdinand menjelaskan sejak dulu miras susah legal di Indonesia dan dijual di tempat-tempat tertentu. Lain halnya dengan soal haram, kalau haram jangan dikonsumsi.

"Sudahlah, berhenti saling menuding menyalahkan soal miras. SEJAK DULU MIRAS SDH LEGAL DI NEGARA INI, dijual legal ditempat2 tertent. Soal haram? Ya jgn konsumsi, semudah itu," tulis Ferdinand dia akun Twitternya, Selaaa (2/3/2021).

Menurut Ferdinand Presiden Jokoei tidak melegalkan miras dengan Peraturan Presiden tapi hanya mengatur investasi agar tidak liar.

"Pres @jokowi TIDAK MELEGALKAN MIRAS DGN PERPRES, tp mengatur investasi sektor ini spy tdk liar..!," pungkas Ferdinand.

Cuitan Ferdinand pun direspon berbagai komentar pro dan kontrar oleh netizen. Berikut rangkuman komentar netizen yang terpantau Netralnews.com, Selasa (2/3/2021).

@rydysound: Dari pada penyelundupan terus berlangsung maka mau ditertibkan & ditata perizinannya didaerah tertentu kok pd ribut melulu .

@EdomekoEven: Menghindari yg haram tanpa meniadakannya itu yg sulit diterima. Padahal kita saja memiliki aurat yg tidak boleh dihilangkan tapi cukup diatur, dilindungj, & dimuliakan. 

@Paijolaras55: PKS mikirnya ga gitu mas,pencitraan biar dapat dukungan kadrun, kalau orang cerdas bisa pakai otak, kalau merekkan pakai otak terbalik heheje

@askingme21: Bukan hanya masalah halal atau haram bos, point tambahannya miras itu baik atau buruk bagi diri sendiri dan org lain?. . Sebutkan dampak baik konsumsi miras?. Sebutkan keburukan konsumsi miras? . Klo miras itu baik mulai kampanyekan minum miras kekeluarga mu dahulu. Baru 

Reporter : Nazaruli
Editor : Nazaruli