Netral English Netral Mandarin
12:28wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
Puji Cara Jokowi dan BG Tangani Pandemi, Boni: Lebih Banyak Kerja Dibanding Bicara

Rabu, 01-September-2021 13:40

Boni Hargens
Foto : Istimewa
Boni Hargens
26

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Analis politik senior Boni Hargens mengatakan, langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan (BG) dalam menangani pandemi Covid-19 patut diapresiasi dan dicontoh.

Pasalnya, Jokowi dan BG turun langsung ke tengah masyarakat untuk mengendalikan pandemi Covid-19 dengan melakukan vaksinasi door to door.

"Di tengah pandemi yang mencekam, Presiden Jokowi dan Kepala Badan Intelijen Negara Budi Gunawan justru turun ke tengah masyarakat untuk melakukan program vaksinasi door to door," kata Boni di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Tidak hanya di DKI Jakarta, Boni menyebut, BIN melakukan aksi sosial ini di hampir semua kota besar di Pulau Jawa dan akan diteruskan ke daerah-daerah lain di luar Jawa.

Hal tersebut, menurut Boni, merupakan bukti komitmen moral dan political will yang kuat dan tulus dari Presiden Jokowi dan Kepala BIN untuk menolong warga.

"Ketika banyak suara oposisi yang nyinyir terhadap pemerintah, BIN justru bekerja dalam senyap untuk menekan laju pemaparan Covid-19," ujarnya.

Boni menilai BIN benar-benar memberikan teladan pengabdian yang langka dan mahal. Ketika banyak elite politik sibuk mendiskusikan Pilpres 2024, tambahnya, kepala BIN Budi Gunawan justru fokus bekerja meski harus bertarung dengan virus yang mematikan.

"Sosok Jend. Pol Profesor Budi Gunawan adalah pribadi yang cerdas, tekun, dan pekerja keras. Dalam banyak hal, Pak BG mirip dengan kepribadian Presiden Jokowi yang mendahulukan kerja daripada berwacana," ucap dia.

Karena itu, Boni berharap, para politisi, khususnya para pembantu presiden yang lain harus meneladani Presiden Jokowi dan kepala BIN Budi Gunawan yang jarang bicara tetapi banyak bekerja.

Boni mengungkapkan, banyak pemimpin dunia yang juga bekerja keras di tengah pandemi tetapi tidak banyak yang seperti Presiden Jokowi.

"Kanselir Jerman Angela Merkel juga fokus dan bekerja efektif melawan pandemi tetapi dia tidak banyak blusukan. Presiden AS Joe Biden juga begitu serius mengurus negaranya di tengah pandemi  tetapi Joe tidak sampai ke desa-desa menyapa rakyatnya yang terpapar Covid-19," jelas Boni.

Lebih lanjut, Boni mengatakan Presiden Jokowi tampil beda dalam kesederhanaannya. Jokowi, kata dia, dibantu oleh kerja efektif BIN dan institusi lain seperti TNI-Polri yang juga berjibaku siang malam untuk menangani pandemi.

"Masyarakat melihat sendiri dedikasi dari institusi-institusi negara ini di tengah situasi sulit yang dihadapi bangsa ini," pungkas Boni.

Reporter : Adiel Manafe
Editor : Wahyu Praditya P