Netral English Netral Mandarin
13:33wib
Partai Ummat  menyinggung dominansi Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dalam evaluasi tujuh tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo. China kembali menggertak Amerika Serikat setelah Presiden Joe Biden menyatakan bahwa ia akan membela Taiwan jika Negeri Tirai Bambu menyerang.
PON Membuat Papua Megah, Hanya Saja Ada Natalius Pigai, EK: Mulutnya Dol, Jangan Gitulah Pak Pig...

Minggu, 03-Oktober-2021 17:35

Natalius Pigai
Foto : Terkini.id
Natalius Pigai
13

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Eko Kuntadhi menilai bahwa PON XX di Papua menunjukkan kemegahan Papua. Hanya saja ada sosok Natalius Pigai yang rasis.

“Sejak awal baru kali ini Papua jd tuan rumah PON. Kemegahan dihadirkan. Kebanggaan ditunjukan. Papua jadi tuan rumah utk saudaranya setanah air,” kata Eko Kuntadhi, Minggu 3 Oktober 2021.

“Hanya saja, Papua juga punya Natalius Pigai. Mahluk rasis yang mulutnya dol. Jangan gitulah Pak Pig...,” imbuhnya.

Sementara sebelumnya secara terpisah, Ketua Umum Barisan Ksatria Nusantara (BKN) Muhammad Rofi'i Mukhlis telah meminta mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai meminta maaf kepada masyarakat Jawa Tengah atas cuitan 'Jangan Percaya Orang Jateng Jokowi-Ganjar'. Rofi'i juga meminta masyarakat Jawa Tengah memaafkan Pigai.

"Saya beri kesempatan kepada Bang Pigai untuk melakukan klarifikasi. Kalau di NU namanya tabayun. Apakah benar itu ucapan Bang Pigai? Karena selama ini Bang Pigai orang yang antirasisme, antigolongan, antisuku," kata Rofi'i melalui videonya, Sabtu (2/10/2021).

"Jika Bang Pigai tidak melakukan klarifikasi dan mohon maaf kepada masyarakat Jawa Tengah, saudara-saudara kita yang ada di Jawa Tengah, maka mohon maaf pula, Bang Pigai, karena negara kita negara hukum, maka dengan terpaksa kami akan melakukan langkah-langkah hukum," sambungnya.

Rofi'i juga menyesalkan cuitan rasis yang dilontarkan Pigai lantaran Pigai adalah sosok pejuang HAM dan antirasisme.

"Saya membaca berita hari ini tentang Bang Pigai yang mengatakan 'jangan percaya kepada orang Jawa Tengah khususnya Pak Ganjar dan Presiden RI karena titik titik titik'. Tumben Bang Pigai, Anda adalah pejuang HAM, Anda orang yang selama ini antirasisme," jelas Rofi'i.

Selanjutnya, Rofi'i mengatakan, sebagai teman, sahabat, dan anak bangsa, Rofi'i meminta kepada Pigai tidak melakukan dan mengulangi lagi perkataan seperti itu.

"Hari ini Bang Pigai sebagai teman, sebagai sahabat, sebagai sesama anak bangsa, sebagai bentuk cinta kami kepada rakyat papua, saudara-saudara saya yang ada di Papua, maka kesempatan ini saya mengingatkan kepada Bang Pigai untuk jangan melakukan dan mengulangi lagi perkataan seperti itu," sambungnya seperti dinukil detik.com.

Gus Rofi'i tuntut Pigai minta maaf ke masyarakat Jateng soal cuitan rasial (Foto: dok.pribadi)

Diketahui sebelumnya, Natalius Pigai jadi sorotan karena dinilai telah menyampaikan pesan rasialisme terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Pigai membantah hal ini saat dimintai konfirmasi.

"Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan)." demikian cuitan Pigai lewat akun Twitter-nya @NataliusPigai2.

Reporter : Taat Ujianto
Editor : Wahyu Praditya P